Ribuan Petugas dan Komponen Masyarakat Lancarkan Aksi Pungut Sampah Di Koja, Jakut

By Admin


nusakini.com-Jakarta-Sebanyak 1.500 petugas gabungan bersama komponen masyarakat Kecamatan Koja melaksanakan apel kesiapan antisipasi musim hujan sekaligus menggiatkan gerakan pungut sampah dalam rangkaian kegiatan Clean Up Jakarta Day di Halaman Jakarta Islamic Center (JIC), Kecamatan Koja, Jakarta Utara, Sabtu (15/9). 

"Semua unsur masyarakat terlibat langsung dalam langkah antisipasi musim hujan di wilayah. Seperti menjaga kebersihan lingkungan sekitar agar terhindar dari ancaman banjir," himbau Syamsuddin Lologau, Walikota Jakarta Utara saat bertindak sebagai pembina apel kesiapan antisipasi musim hujan.

Kesadaran masyarakat untuk terus peduli terhadap kebersihan lingkungan harus ditingkatkan. "Memperbaiki Jakarta Utara menjadi lebih baik membutuhkan peran aktif dari semua pihak. Bersama-sama kita bergerak melakukan sesuatu yang bermanfaat untuk kemajuan Jakarta Utara," ungkapnya.

Usai melaksanakan apel, Walikota bersama jajaran dan komponen masyarakat Kecamatan Koja menyusuri area JIC untuk melakukan aksi pungut sampah sebagai rangkaian kegiatan Clean Up Jakarta Day. "Harus bersih disini, jangan sampai ada sampah yang menumpuk," tegasnya.

Ditambahkannya, letak geografis Jakarta Utara yang berada di pesisir laut menjadikannya sebagai muara dari semua kali di DKI Jakarta. "Sampah dan lumpur yang mengendap harus segera dibersihkan dari semua saluran agar air bisa mengalir lancar dan tidak mengakibatkan banjir," ujar Syamsuddin.

Sementara itu, Camat Koja, Yusuf Madjid mengatakan, setiap kerja bakti warga harus dilibatkan. "Masyarakat harus ikut terlibat jangan semuanya PPSU karena ini untuk menjaga kebersihan wilayah. Setiap 5 warga akan dibantu 2 anggota PPSU dalam membersihkan lingkungan," terangnya.